Apa Bedanya Bantuan Hukum dan Pro Bono?

Apa Bedanya Bantuan Hukum dan Pro Bono?

No Comments

Di perbincangan terkait jasa hukum, kamu akan menemukan dua istilah yang digunakan secara bersamaan yaitu bantuan hukum dan pro bono.  Namun kalau diperhatikan lebih jelas, istilah bantuan hukum ditemukan pada organisasi bantuan hukum. Sementara istilah pro bono ditemukan pada kantor hukum atau firma hukum

Tapi sebenarnya apa perbedaan dari bantuan hukum dan pro bono?

Dari sisi fungsi layanan yang diberikan kedua istilah ini sebenarnya sama yaitu jasa hukum yang diberikan oleh penyedia jasa hukum kepada orang miskin atau sekelompok warga miskin yang menghadapi masalah hukum.

Selain itu baik pro bono dan bantuan hukum juga dilakukan oleh Advokat terutama pada saat masalah hukum tersebut sampai ke Pengadilan.

Jadi perbedaan dari bantuan hukum dan pro bono sebenarnya apa?

Jadi Pro Bono itu adalah bantuan hukum atau jasa hukum yang diberikan secara cuma-cuma oleh seorang atau lebih advokat tanpa menerima pembayaran honorarium untuk orang miskin atau warga miskin yang memiliki masalah hukum.

Merujuk pendapat dari Luhut M.P. Pangaribuan, Ketua Umum PERADI Rumah Bersama Advokat, menyatakan bahwa Pro bono adalah value system yang berasal dari dalam diri advokat yang peduli terhadap yang membutuhkan. Menurutnya, pro bono ini adalah kekhasan dari profesi advokat sehingga disebut sebagai jabatan hormat.

Selain itu dasar hukum dari Pro Bono merujuk pada UU No 18 Tahun 2003 tentang Advokat dan PP No. 83 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum Secara Cuma-Cuma.

Secara singkat, penyedia jasa pro bono adalah seorang atau lebih advokat baik melalui kantor hukum ataupun secara individual. Di Amerika Serikat bahkan ada 5 juta jam pro bono yang dilakukan oleh 128 Firma Hukum.

Selain itu dari soal biaya, penyedia jasa pro bono dilarang menerima pembayaran honorarium apabila melakukan Pro Bono namun dapat menarik biaya sebatas biaya operasional yang wajar dalam penanganan perkara.

Kalau begitu, bagaimana dengan Bantuan Hukum?

Bantuan hukum adalah bagian dari tanggungjawab Negara perwujudan akses terhadap keadilan yang merupakan hak konstitusional warga Negara yang dijamin dalam Pasal 20, Pasal 21, Pasal 27 ayat (1), Pasal 28D ayat (1), Pasal 28H ayat (2), Pasal 28I ayat (4) dan ayat (5), dan Pasal 34 ayat (2) dan ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dasar hukum dari bantuan hukum adalah UU Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum dan PP No.42 Tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum dan Penyaluran Dana Bantuan Hukum

Secara singkat, penyedia jasa bantuan hukum adalah organisasi bantuan hukum atau lembaga bantuan hukum baik yang telah terakreditasi ataupun belum terakreditasi pada Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Dari soal biaya, penyedia jasa bantuan hukum dilarang menarik biaya apapun dari para pencari keadilan.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments
Share
%d bloggers like this: