Apa Saja Manfaat Kartu Pekerja Jakarta?

Apa Saja Manfaat Kartu Pekerja Jakarta?

Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) adalah program dari pemerintah Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh dengan meringankan biaya transportasi, pangan, dan pendidikan bagi anak pekerja DKI Jakarta. Program ini ditujukan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga di Jakarta, dengan membantu mengurangi pengeluaran atau biaya hidup, sehingga perekonomian para pekerja dan buruh lebih sejahtera.

Setelah pengumuman penetapan UMP Jakarta 2022, Pemerintah Jakarta memperluas cakupan penerika Kartu Pekerja Jakarta. Penerima Kartu Pekerja Jakarta adalah setiap pekerja atau buruh yang menerima UMP + 15% dan diperkirakan akan menambah sedikitnya 6.000 pekerja yang dapat mengakses Kartu Pekerja Jakarta. Sebelumnya, jumlah penerima KPJ telah mencapai 40.000-an orang.

Penerima KPJ akan mendapatkan banyak manfaat diantaranya adalah:

  • TransJakarta gratis
  • Pangan murah/bersubsidi: (1) Daging sapi Rp 35.000/kg; (2) Daging ayam Rp 8.000/kg; (3) Beras Rp 30.000/5 kg/1 sak; (4) Telur Rp 10.000/tray; (5) Ikan kembung Rp 13.000/kg; dan (6) Susu UHT (khusus KJP) Rp 30.000/karton
  • Menjadi member di JakGrosir
  • Anak-anak pekerja memperoleh fasilitas Kartu Jakarta Pintar Plus dengan manfaat: (1) SD Rp 250.000/bulan; (2) SMP Rp 300.000/bulan; (3) SMA Rp 420.000/bulan; (4) PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Paket A/B/C) Rp 30.000/bulan; dan (5) LKP (Lembaga Kursus Pelatihan) Rp 1,8 juta/semester
  • KJP dapat digunakan sebagai kartu ATM atau Jakcard Bank DKI;
  • Pemegang KJP dapat menggunakan aplikasi JakOne Mobile untuk transfer antar-rekening, membayar pajak, membeli pulsa, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan KPJ, maka calon penerima KPJ harus melengkapi syarat – syarat berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  • Fotokopi NPWP;
  • Fotokopi slip gaji;
  • Fotokopi Surat Keterangan Aktif Bekerja dari perusahaan (asli dengan cap basah);
  • Unduh format soft file di bit.ly/formatkpj, isi secara lengkap dan kirim ke email hikesja.nakertrans@jakarta.go.id, cc ke kartupekerja.dkijakarta@yahoo.com

Cara mendaftar Kartu Pekerja Jakarta juga cukup mudah yaitu dengan

  • Mendaftarkan diri melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta atau Suku Dinas (Sudin) di setiap wilayah Provinsi DKI Jakarta atau melalui tim kerja (serikat pekerja, asosiasi, atau Disnaker).
  • Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap data permohonan yang diajukan.
  • Pemohon membuka rekening di Bank DKI (minimal deposit Rp 50.000). Nantinya, Bank DKI akan mencetak  kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.
  • Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta bersama Bank DKI akan mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah ditentukan oleh serikat pekerja.

Kalau bingung mencari alamat Disnakertrans dan Sudin Nakertrans DKI Jakarta, silahkan cek dibawah ini:

  • Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta: Jl. Prapatan No. 52 Jakarta Pusat Telp. (021) 3847937.
  • Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta Barat : Jl.Raya Kembangan No.02 Blok B Lt.VI, Jakarta Barat.
  • Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta Pusat: Jl. Tanah Abang 1 No. 01 Jakarta Pusat.
  • Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta Utara: Jl. Plumpang Semper No. 41, Jakarta Utara.
  • Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta Timur: Jl.DR.Sumarno Komplek Perkantoran Pemda Klender – Jakarta Timur
  • Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakarta Selatan: Komplek Perkantoran Pemda Jl. Trunojoyo No. 01 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Disnakertrans Kepulauan Seribu: Komplek Unit Teknis Pulau Karya, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *