Apa Yang Harus Dilakukan Jika Harus Membuat Perjanjian Bisnis?

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Harus Membuat Perjanjian Bisnis?

Sebagai pelaku usaha, banyak hal yang harus dilakukan. Jika usaha masih terbilang kecil, bisa jadi anda tidak membutuhkan perjanjian secara tertulis dengan pihak lain. Akan tetapi, akan ada waktu dimana anda pada akhirnya akan membutuhkan suatu perjanjian tertulis.

Akan tetapi apa sebenarnya perjanjian dan perjanjian tertulis tersebut?

Hukum Indonesia menentukan bahwa perjanjian berlaku sebagai undang – undang bagi para pihak yang terlibat dalam suatu perjanjian. Hukum juga menentukan jika perjanjian itu wajib dibuat berdasarkan kesepakatan diantara para pihak yang terlibat, kemudian perjanjian dibuat oleh pihak – pihak yang cakap secara hukum atau bahasa sederhananya memang dapat dan memiliki hak atau kewenangan untuk membuat perjanjian, lalu obyek dari perjanjian juga harus jelas, dan terakhir tujuan perjanjian juga tidak boleh bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Secara umum, hukum tidak menentukan bagaimana bentuk perjanjian harus dibuat. Jadi perjanjian secara lisan juga boleh untuk dilakukan, kecuali jika hukum mengaturnya secara berbeda.

Perjanjian bahwa bisa lahir berdasarkan adanya serangkaian tindakan yang dilakukan oleh para pihak. Misalnya dengan dilakukannya penyerahan barang dan pembayaran harga dalam transaksi jual beli, meski tanpa perjanjian secara lisan, akan tetapi perjanjian sudah muncul dan mengikat para pihak. Para pelaku usaha yang skala usahanya masih kecil, umumnya masih banyak menggunakan model perjanjian lisan. Tidak ada yang salah, namun jika nilai perjanjian cukup besar ada baiknya anda mulai memikirkan untuk membuat perjanjian tertulis.

Perjanjian yang dibuat secara tertulis akan diuraikan secara rinci apa yang menjadi hubungan di antara para pihak dan memberikan rincian tentang ruang lingkup perjanjian. Dalam perjanjian tertulis akan ditentukan secara jelas hak, kewajiban, serta wewenang yang dimiliki oleh para pihak yang terlibat dalam perjanjian.

Perjanjian yang dibuat secara tertulis juga memberikan ketenangan karena para pihak yang terlibat akan mengetahui secara pasti apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Selain itu, membuat perjanjian secara tertulis juga akan meningkatkan performa anda sebagai pelaku usaha karena anda telah bertindak secara cermat dan professional.

Jika anda menginginkan usaha anda semakin tumbuh dan membesar, maka perjanjian secara tertulis penting untuk anda pertimbangkan. Karena perjanjian tersebut akan melindungi kepentingan anda dan juga kepentingan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *