Bagaimana Cara Mendapatkan Jasa Pro Bono dari Kantor Hukum atau Firma Hukum?

Bagaimana Cara Mendapatkan Jasa Pro Bono dari Kantor Hukum atau Firma Hukum?

Menghadapi sebuah masalah hukum, tentu membutuhkan uluran dari seorang atau lebih ahli hukum atau advokat yang dapat membantu anda melewati segala tahap dan proses hukum yang seringkali tidak mudah dipahami awam.

Tentu saja karena para advokat ini bekerja dengan cara menawarkan jasa hukumnya, ada biaya yang harus anda keluarkan bila anda ingin menggunakan jasa hukum dari advokat tersebut. Anda bisa memilih advokat yang masih solo karir ataupun dapat memilih menggunakan jasa dari kantor hukum atau firma hukum yang anda percayai.

Jika tak punya cukup uang untuk membayar jasa advokat

Jangan berkecil hati, banyak firma hukum yang menawarkan jasa pro bono. Namun, jasa pro bono hanya membebaskan anda dari biaya honorarium yang diterima oleh seorang advokat. Anda dapat saja dikenakan biaya operasional yang wajar atau bisa juga tidak dikenakan biaya apapun dari kantor hukum atau firma hukum tersebut.

Prosedurnya bagaimana?

Anda dapat mendatangi Kantor Advokat atau Firma Hukum dan mencari lokasi kantor hukum atau firma hukum melalui ICJR Law Hub. Dan Anda wajib mengajukan permohonan yang ditujukan kepada

  • Advokat atau pimpinan kantor hukum; atau
  • melalui organisasi advokat;

yang permohonan tersebut sekurangnya memuat:

  • nama, alamat, dan pekerjaan pemohon; dan
  • uraian singkat mengenai pokok persoalan yang dimohonkan bantuan hukum.
  • melampirkan keterangan tidak mampu, atau keterangan lain untuk menggantikan keterangan tidak mampu yang dibuat oleh pejabat yang berwenang.

Setiap permohonan anda pada dasarnya harus dijawab oleh Kantor Hukum atau Firma Hukum dan juga Organisasi Advokat. Proses untuk menjawab adalah 3 hari. Jawaban dari permohonan anda juga akan ditunjuk advokat yang akan mendampingi anda dalam menghadapi proses hukum.

Yang Harus Diingat

Bisa jadi permohonan anda untuk mendapatkan jasa pro bono advokat ditolak. Alasan penolakan yang diperbolehkan dalam Kode Etik Advokat untuk menolak sebuah perkara adalah apabila hal tersebut bertentangan dengan keyakinannya atau tidak sesuai dengan keahliannya.

Karena itu dalam situs ini, dicantumkan layanan pro bono yang dilakukan oleh sebuah kantor hukum atau firma hukum. Anda baiknya dapat melihat dengan cermat mengenai jenis layanan pro bono yang diberikan oleh kantor hukum atau firma hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *