Begini Tata Cara Pencatatan Hak Cipta Lagu Secara Online

Lagu dan/atau musik baik dengan atau tanpa teks merupakan salah satu ciptaan yang dilindungi hak ciptanya oleh negara. Pelindungan terhadap hak cipta, khususnya hak ekonomi atas ciptaan lagu berlaku selama hidup pencipta dan terus berlangsung selama 70 tahun setelah pencipta meninggal dunia (untuk perorangan) atau selama 50 tahun sejak diumumkan (untuk badan hukum).

Sebagai gambaran, mengingat hak cipta memiliki sifat deklaratif sehingga hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adanya prinsip deklaratif tidak mengharuskan adanya pencatatan. Sehingga walaupun pencipta tidak mencatatkan ciptaannya, tetapi pencipta tetap memiliki perlindungan langsung ketika ciptaan selesai dibuat, yakni berupa hak untuk mengontrol agar tidak ada seorang pun yang memanfaatkan haknya tanpa seizin pencipta.

Akan tetapi, selain sebagai upaya negara dalam melindungi hak moral dan ekonomi dari hak cipta itu sendiri, fungsi pendaftaran hak cipta dimaksudkan untuk mempermudah pembuktian apabila terjadi sengketa hak cipta.  Karena jika pencipta mendaftarkan ciptaannya dan menerima surat pencatatan ciptaan, maka surat ini dapat dianggap sebagai bukti awal kepemilikan ciptaan. Sehingga dapat dikatakan pendaftaran hak cipta memiliki manfaat sebagai sarana perlindungan jika timbulnya perselisihan dengan pemegang hak cipta. Selain itu pendaftaran hak cipta dapat mengantisipasi jika ada yang menggunakan tanpa izin dan dapat menjadi instrumen meminta pembatan pencatatan ciptaan pihak lain.

Nah, tahukah Anda permohonan pendaftaran kekayaan intelektual, termasuk hak cipta lagu, dapat dilakukan secara elektronik loh, yaitu melalui Sistem Informasi Kekayaan Intelektual di laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

Disarikan dari Prosedur/Diagram Alir Permohonan Hak Cipta website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, pada tahap permohonan pencatatan ciptaan, yang perlu Anda lakukan:

  1. Registrasi Akun melalui (hakcipta.dgip.go.id/index.php/register)
  2. Pilih Pengajuan Pencatatan Digital
  3. Isi Formulir
  4. Upload File
  5. Pembayaran
  6. Pemeriksaan Formalitas
  7. Verifikasi
  8. Pencatatan Ciptaan Disetujui
  9. Pencetakan Sertifikat

Terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk permohonan pencatatan suatu ciptaan lagu adalah sebagai berikut:

  1. Untuk usaha mikro, usaha kecil, lembaga pendidikan, dan lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah:
  • 200.000,-/ permohonan secara elektronik (online)
  • 250.000,-/ permohonan secara non-elektronik (manual)
  1. Untuk umum
  • 400.000,-/ permohonan secara elektronik (online)
  • 500.000,-/ permohonan secara nonelektronik (manual)

Nah sekarang Anda sudah tau bagaimana cara mendaftarkan ciptaan berupa lagu ya, jangan lupa untuk senantiasa melindungi hak kekayaan intelektual mu ya!

Memiliki pertanyaan soal hukum? Atau anda sedang terlibat masalah hukum? Konsultasikan persoalan anda, persoalan anda akan direspon oleh lebih dari 70 Mitra Penyedia Layanan Hukum di seluruh Indonesia.

Tersedia forum konsultasi online yang dapat diakses secara gratis

Segera kunjungi ICJR Law Hub

Leave a Reply

Your email address will not be published.