Butuh Punya QR Code PeduliLindungi untuk Tempat Usaha Anda? Perhatikan Caranya

Butuh Punya QR Code PeduliLindungi untuk Tempat Usaha Anda? Perhatikan Caranya

Aplikasi pedulilindungi telah digunakan secara meluas di masyarakat. Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, menyebutkan penggunaan barcode aplikasi PeduliLindungi telah menyentuh angka 8 juta dalam sehari. Aplikasi ini juga telah diakses lebih dari 50 juta kali per hari baik melalui aplikasi maupun website.

Maraknya penggunaan aplikasi pedulilindungi ini juga karena anjuran pemerintah saat mulai melakukan relaksasi beberapa pembatasan sehubungan diterapkannya PPKM di Indonesia. Untuk memasuki mall, pasar, dan beberapa sentra kegiatan masyarakat termasuk transportasi umum, masyarakat diwajibkan untuk melakukan scan QR Code pada aplikasi pedulilindungi.

QR code pada aplikasi PeduliLindungi akan menunjukkan tiga warna mengenai status kesehatan pengunjung, yaitu:

Warna hijau: menunjukkan jika pengunjung sudah mendapatkan dua dosis vaksin, tidak dalam status positif COVID-19, dan tidak ada kontak erat dengan pasien COVID-19.

Warna kuning: menunjukkan pengunjung baru saja mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Warna merah: menunjukkan bahwa pengunjung belum pernah di-vaksin, sedang dalam kondisi positif COVID-19, atau ada kontak erat dengan pasien COVID-19.

Karena pemerintah telah mulai membolehkan kantor non esensial beroperasi 25% dari kapasitas, maka banyak pelaku usaha mulai mencari tahu bagaimana caranya membuat QR Code agar pekerja maupun pengunjung kantor dapat ditelusuri kesehatannya.

Umumnya, QR Code ini ditempatkan di pintu masuk dan menjadi syarat agar pengunjung bisa masuk ke tempat tersebut. QR Code ini berguna untuk skrining terhadap pengunjung dan akan terlihat status warna Peduli Lindunginya.

Cara mendapatkan QR Code PeduliLindungi bisa dilakukan dengan mengajukan surat ke Kementerian Kesehatan. Caranya juga mudah, cukup kirimkan email ke pusdatin@kemkes.go.id

Format permohonannya sebagai berikut:

Nomor surat:

Tanggal:

Kepada Yth,

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI

Dengan hormat, Dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 di lingkungan wilayah [tempat kerja/perkantoran/PT/Instansi], bersama ini kami mohon untuk dapat diberikan QR Code Peduli Lindungi yang akan kami tempatkan di setiap akses keluar/masuk di [tempat kerja/perkantoran/PT/Instansi].

Adapun koordinator penanggung jawab dalam pendistribusian QR Code Peduli Lindungi di [tempat kerja/perkantoran/PT/Instansi] adalah:

Nama:

Jabatan:

Email:

Demikian permohonan guna memperoleh QR Code Peduli Lindungi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Setelah email terkirim, pendaftar akan menerima formulir pendaftaran. Silahkan isi sesuai informasi yang diminta diantaranya adalah nama tempat, nomor telepon, alamat email, kategori kegiatan, nama tempat, kota, dan provinsi.

Setelah formulir terkirim, anda akan mendapatkan email berisi username dan password untuk diaktivasi. Pendaftaran dinyatakan telah selesai jika anda melakukan konfirmasi yang dikirim lewat email.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *