Cara Mudah Mendaftarkan Merek Dagang

Cara Mudah Mendaftarkan Merek Dagang

Penting bagi seorang pelaku usaha untuk mendaftarkan merek dari produk atau jasa hasil produksi sendiri. Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 {tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Merek terdaftar mendapatkan perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan permohonan pendaftaran Merek yang bersangkutan dan jangka waktu perlindungan itu dapat diperpanjang.

Adapun cara untuk mendaftarkan merek, yaitu:

  1. Pemesanan kode billing

Pesan kode billing di http://simpaki.dgip.go.id/

  • Pilih ‘Merek dan Indikasi Geografis’ pada jenis pelayanan
  • Pilih ‘Permohonan Pendaftaran Merek yang Diajukan Oleh:’
  • Pilih ‘Usaha Mikro dan Usaha Kecil’ atau ‘Umum’
  • Pilih ‘Secara Elektronik (Online)’
  • Masukkan Data Pemohon dan Data Permohonan (nama, alamat lengkap, email dan nomor ponsel, dll)
  • Lakukan pembayaran PNBP melalui ATM/internet banking/m-banking
  1. Registrasi akun
  • Kunjungi website merek dgip, lalu klik daftar, isi email, username, dan password
  • Pilih jenis pemohon Usaha mikro kecil dan menengah
  • Isi data dan isi capctha dengan benar dan beri tanda pada pernyataan
  • Klik tombol proses, dan klik tombol ya apabila anda sudah yakin mengisi data dengan benar
  • Verifikasi akun anda melalui link yang dikirim ke email anda
  • Klik tombol aktivasi akun
  1. Permohonan Merek secara online

Sebelum melakukan permohonan, pemohon harus menyiapkan beberapa persyaratan yaitu:

Setelah menyiapkan dokumen di atas, pemohon dapat melakukan permohonan secara online dengan cara:

  • Login sebagai pemohon melalui website merek dgip
  • Pilih tipe permohonan, masukkan Kode billing yang telah dibayarkan
  • masukkan Data Pemohon
  • diisi jika permohonan dengan kuasa (konsultan KI)
  • diisi jika memiliki hak prioritas, masukkan tanggal, negara/kantor merek, dan nomor prioritas

masukkan Data Merek

pemohon harus memilih tipe merek yang akan diajukan. Untuk tipe merek tiga dimensi, hologram dan suara wajib memasukkan data label merek tambahan. Masukkan data merek yang mandatory dan upload label merek dengan format file .jpg. Pastikan label merek yang Anda upload berukuran 2 x 2 cm atau 9 x 9 cm. Jika file yang di upload tidak sesuai, lakukan crop ulang atau save as file label merek Anda. Aplikasi akan menolak label merek jika file tersebut corrupt atau pixel gambar tidak sesuai. Setelah selesai menambah data merek, klik tombol Simpan dan Lanjutkan

masukkan Data Kelas dengan klik ‘Tambah’, 

Lakukan pencarian kelas dengan memilih Nomor Kelas atau mengisi Uraian Bahasa atau Uraian English. Jika Uraian Barang/Jasa belum terdaftar pada master kelas Aplikasi Merek, maka akan tampil pop up informasi bahwa cari padanan kata lainnya. Jika setelah Anda mencari padanan kata lainnya masih belum ditemukan, lakukan kirim email ke klasifikasi.merek@dgip.go.id. Setelah mengisi data kelas, klik tombol Simpan dan Lanjutkan. Anda juga dapat melihat klasifikasi merek melalui website skm dgip

klik ‘Tambah’ untuk mengunggah lampiran dokumen persyaratan

Pilih Jenis Dokumen yang ingin di tambahkan, masukkan Keterangan dan Upload File (File JPG untuk tanda tangan dan file PDF untuk dokumen lainnya). File yang wajib diupload adalah tanda tangan pemohon untuk surat pernyataan yang akan dihasilkan oleh sistem. Untuk jenis dokumen lain: surat kuasa (jika menggunakan kuasa), bukti prioritas & terjemahan (jika ada hak prioritas pada negara lain), surat keterangan UMKM asli (jika pemohon UMKM) dan salinan peraturan merek kolektif (jika tipe permohonan adalah merek kolektif). Klik tombol Simpan untuk menyimpan data lampiran.

Preview (pastikan seluruh data anda sudah benar)

Setelah data terisi, maka halaman ini akan menampilkan ringkasan atau resume data yang sudah dimasukkan. Periksa kembali data yang sudah dimasukkan. Data yang sudah disubmit tidak dapat diubah lagi oleh pemohon. Klik tombol Selesai jika data sudah selesai diperiksa. Maka akan tampil pop up konfirmasi.

Cetak Draf Tanda Terima

klik tombol Tanda Terima dan Surat Pernyataan pada halaman Permohonan Online untuk download tanda terima dalam bentuk PDF. Klik tombol Tanda Terima. Kemudian sistem akan menampilkan file yang telah dipilih untuk dicetak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *