Cover Letter Bagian Penting Untuk Melamar Pekerjaan

Cover Letter Bagian Penting Untuk Melamar Pekerjaan

Mengenal Cover Letter

Cover Letter atau dalam bahasa Indonesia adalah Surat Pengantar atau Surat Lamaran Kerja adalah dokumen yang dikirim bersama dengan curriculum vitae (CV) untuk menyediakan informasi tambahan mengenai ketrampilan dan pengalaman Anda.

Jangan pernah melewatkannya, karena cover letter yang menarik dapat membuat Departemen HRD akan mempelajari lebih jauh tentang diri anda. Pada dasarnya cover letter merupakan sarana Anda untuk melakukan promosi diri kepada perusahaan.

Pada dasarnya cover letter berisi profil singkat yang menjelaskan diri anda dan bisa dilengkapi dengan menyampaikan keterampilam, kepribadian, hingga semangat dan anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan apa yang membuat Anda merupakan calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Bagaimana membuat cover letter?

Untuk membuat cover letter yang baik maka anda perlu melakukan riset kecil terlebih dahulu. Yang paling gampang perhatian deskripsi pekerjaan ataupun tanggung jawab dari posisi yang anda lamar. Selain itu cobalah mengintip media sosial yang dimiliki perusahaan. Dengan melihat media sosial milik perusahaan, maka anda dapat melihat pola komunikasi yang digunakan oleh perusahaan.

Kalau riset sudah dilakukan, pastikan anda membuat pesan awal yang “nendang”. Dengan pesan yang nendang, anda sudah membuka kesempatan awal agar perusahaan mau mengenali diri anda lebih dalam.

Dalam cover letter, gunakan kalimat persuasif dan meyakinkan. Selain menuliskan berbagai keahlian anda yang digunakan selama anda bekerja ataupun di dalam organisasi, jangan lupakan tulis alasan kenapa perusahaan seharusnya memilih anda. Dengan cara ini, anda sudah berupaya membuktikan bahwa anda memang orang yang layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Setelah selesai membuat cover letter, jangan lupa untuk memeriksa kembali draft cover letter tersebut. Pastikan tidak ada lagi kesalahan muncul dalam cover letter yang hendak anda kirimkan.

Ingat!

Jangan tulis cover letter lebih dari 1 halaman. Cover letter hanyalah pengantar untuk memperkenalkan diri Anda sebelum perusahaan mengenal Anda lebih jauh lewat CV atau resume. Prinsipnya semakin sederhana namun digunakan secara tepat, maka cover letter yang anda buat sudah dapat membuat anda terlihat layak untuk posisi pekerjaan yang diincar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *