Fenomena Split Bill Saat Kencan Pertama, Bagaimana Hukum Mengaturnya?

Fenomena Split Bill Saat Kencan Pertama, Bagaimana Hukum Mengaturnya?

Perbincangan soal Split Bill saat kencan baru saja meramaikan jagat twitter. Pangkal soalnya ketika salah satu netizen di twitter mengeluh ketika ditagih harus membayar tagihannya di restoran oleh teman kencannya.

Fenomena split bill pada saat kencan mulai lazim ditemui di masa sekarang karena selain soal kesetaraan gender akan tetapi menjadi lebih adil buat kedua pihak yang sedang berkencan. Laki – laki yang membayar tagihan saat berkencan menjadi tidak relevan dan dianggap telah berlawanan dengan semangat jaman.

Namun bagaimana pengaturan atau hukum yang terkait dengan split bill?

Pertama, tidak ada hukum yang mengatur jika pada saat kencan pertama hanya 1 pihak yang harus membayar semua tagihan. Sampai saat ini, kami belum menemukan aturan hukum yang mengatur siapa yang wajib membayar tagihan pada saat kencan. Dengan begitu, pada dasarnya praktik seorang laki – laki yang membayar seluruh tagihan pada saat berkencan berangkat pada praktik yang berkembang secara umum.

Kedua, meski tak ada hukum yang mengatur, maka pengaturan soal kesepakatan soal split bill atau tidak bisa merujuk pada ketentuan Pasal 1320 KUHPerdata yang menyebutkan empat syarat sahnya suatu perjanjian, yaitu: (1) Adanya kata sepakat bagi mereka yang mengikatkan dirinya; (2) Kecakapan para pihak untuk membuat suatu perikatan; (3) Suatu hal tertentu; dan (4) Suatu sebab (causa) yang halal. Selain itu berdasarkan ketentuan Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata maka semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi yang membuatnya.

Sekali lagi hukum tidak mengatur apakah perjanjian harus tertulis atau tidak namun mengatur syarat sahnya perjanjian dan berlakunya perjanjian. Persoalan untuk menerapkan split bill atau tidak pada kencan pertama adalah bagian dari kesepakatan para pihak yang berkencan.

Karena merupakan kesepakatan para pihak yang berkencan dan dengan mengingat praktik yang sudah terlanjur lama terjadi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Bicarakan dengan teman kencan soal kemungkinan melakukan split bill di awal memulai berkencan. Ingat jangan bicarakan melakukan split bill saat sedang saying – sayangnya. Besar kemungkinan yang terjadi malah membuat suasana tidak menyenangkan dan mood menjadi buruk

Selain itu pastikan anda menggunakan nada yang santai dan tidak perlu seperti mengajari kenapa wajib mempertimbangkan split bill. Gunakan kalimat yang dapat membuat teman kencan anda tidak merasa terpaksa untuk mengeluarkan juga isi dompetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *