Hadiri Kegiatan Skala Besar, Warga Wajib Tunjukan Status Vaksinasi!

Menurunnya angka penyebaran virus Covid-19 beberapa bulan belakangan ini, membuat beberapa kegiatan masyarakat  yang ‘langka’ ditemukan saat pandemi, mulai bermunculan kembali. Salah satu yang paling terlihat adalah dengan kembalinya pagelaran konser/festival musik di beberapa kota di Indonesia. Beberapa konser musik yang diselenggarakan pun dihadiri bukan hanya oleh ratusan, namun hingga puluhan ribu pengunjung.

Selain konser musik, animo masyarakat untuk datang langsung menonton pertandingan olahraga pun terwujud di pertengahan tahun 2022 ini. Ajang Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022 di Istora Senayan dihadiri oleh ribuan penggemar bulutangkis di Tanah Air, setelah sebelumnya diselenggarakan tanpa penonton. Selain itu, terdapat juga perhelatan Piala Presiden 2022 yang memungkinkan penggemar sepakbola di berbagai daerah mendukung kesebelasan favoritnya secara langsung di dalam stadion.

Namun walaupun sudah mulai kembali kepada ‘aktivitas normal’ seperti sebelum pandemi melanda, ancaman akan bahaya virus Covid-19 masih tetap tinggi terutama bagi mereka yang belum melakukan vaksinasi. Hal inilah yang membuat Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan peraturan terbaru melalui Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar dalam Masa Pandemi Covid-19. Diterbitkannya Surat Edaran (SE) tersebut langsung ditandatangani oleh Ketua Satgas sekaligus Ketua BNPB, Letjen TNI Suharyanto pada 21 Juni kemarin.

Dalam SE tersebut, yang dimaksud dengan Kegiatan Berskala Besar adalah rangkaian aktivitas dalam acara berskala internasional ataupun nasional yang dapat mengundang secara fisik lebih dari 1000 orang dalam satu waktu tertentu serta pada satu lokasi yang sama dan/atau melibatkan perwakilan negara. Maka dari itu, jika seseorang hendak mendatangi sebuah kegiatan dimana berpotensi didatangi hingga ribuan orang, maka wajib untuk menunjukan status vaksinasi Covid-19.

Bagi masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas, wajib menunjukan status vaksinasi baik itu menggunakan aplikasi Peduli Lindungi maupun melalui sertifikat fisik/digital, dengan kondisi sudah menerima vaksin sebanyak tiga kali atau booster. Sedangkan bagi masyarakat yang berusia 6–17 tahun, dapat menunjukan status vaksinasi dengan kondisi sudah menerima vaksin sebanyak dua kali. Sedangkan bagi anak-anak di bawah umur 6 tahun, tidak disarankan untuk menghadiri Kegiatan Berskala Besar ini.

Selain itu, dalam SE ini juga disebutkan jika Kegiatan Berskala Besar yang dilaksanakan tersebut melibatkan pejabat setingkat menteri ke atas atau VVIP, seluruh Pelaku Kegiatan Berskala Besar wajib menunjukkan hasil negatif pemeriksaan RT-PCR maksimal 2 x 24 jam sebelum kegiatan berlangsung dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki kawasan kegiatan. Sedangkan bagi kegiatan yang bersifat forum multilateral dan tidak melibatkan pejabat setingkat menteri ke atas atau VVIP, seluruh Pelaku Kegiatan Berskala Besar wajib menjalani pemeriksaan gejala berkaitan dengan COVID-19 termasuk pemeriksaan suhu tubuh, serta dapat dilakukan pemeriksaan rapid test Antigen untuk meminimalisir potensi penularan.

Jadi, buat kamu yang ingin mengunjungi Kegiatan Berskala Besar, ada baiknya untuk memperhatikan ketentuan tersebut ya. Dan jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk melakukan vaksinasi jika belum, agar tubuh kita terproteksi dari dampak penyebaran virus Covid-19.

Butuh memiliki tempat usaha yang resmi dan prestisius? Anda dapat menggunakan virtual office atau kantor virtual sebagai tempat bisnis resmi anda. Tersedia di 5 lokasi di Jakarta, segera temukan kantor virtual yang cocok untuk bisnis anda

Segera minta penawaran terbaik di BukaUsaha by NgertiHukum.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.