Kepribadian INFP Cocok Untuk Jadi Mediator

Kepribadian INFP Cocok Untuk Jadi Mediator

Apakah anda merasa ragu akan potensi diri yang anda miliki? Apakah anda ingin tahu soal kepribadian dan tipe kepribadian yang anda miliki? Sebagai bagian dari kaum milenial, anda pasti taka sing dengan istilah extrovert, introvert, dan berbagai tipe kepribadian lainnya. Tipe kepribadian psikologi bisa menjadi jalan untuk mengenali karakter diri kita pribadi. Dan saat ini sudah banyak tes yang bisa diikuti untuk memahami karakter pribadi kita.

Salah satu tes kepribadian psikologi yang cukup populer ialah MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Tes ini adalah adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI dikemas oleh NERIS Type Explorer dalam bentuk aplikasi website. Website tersebut memberikan tes kepribadian secara gratis untuk publik. Selain menunjukkan kepribadian, tes ini juga akan menunjukkan saran profesi dan nama tokoh publik yang punya persamaan kepribadian dengan anda.

Dalam tes psikologi MBTI, ada 4 dimensi kecendrungan sifat dasar manusia yaitu :

  1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)
  2. Dimensi memahami informasi dari luar: Sensing (S) vs. Intuition (N)
  3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
  4. Dimensi pola hidup: Judging (J) vs. Perceiving (P)

Dari keempat dimesi tersebut, akan dihasilkan 16 tipe kepribadian manusia yang merupakan kombinasi dari empat dimensi dasar tersebut. Salah satu nya ialah INFP.

INFP adalah singkatan dari introvert, intuition, feeling, dan perception. Orang dengan kepribadian INFP cenderung dikenal sebagai sosok introvert yang idealis, kreatif, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Di antara teman-teman dekatnya, ia adalah sosok yang setia, peka, dan penyayang. Orang dengan kepribadian INFP cenderung idealis. Namun, mereka juga tertarik untuk belajar lebih banyak tentang orang lain dan bersedia mendengarkan suatu masalah dari berbagai sisi.

Sosok INFP juga sebenarnya pandai mengekspresikan perasaan, tetapi mereka lebih suka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan daripada berbicara. Jadi, jika Anda sedang berusaha untuk mengerti perasaan orang dengan kepribadian ini, lebih baik Anda mengajaknya berbicara melalui pesan ketimbang secara langsung.

Dengan mengikuti MBTI ini anda juga dapat mengetahui kira-kira apa saja jenis pekerjaan yang cocok untuk kepribadian yang kamu miliki berdasarkan hasil tes tersebut. Menurut tes MBTI kalau anda memiliki kepribadian dengan tipe INFP maka Mediator adalah salah satu pekerjaan yang cocok, terutama jika dilihat dari kecenderungan yang dimiliki oleh kepribadian tipe INFP ini.

Memang apasih kecenderungan yang cocok antara INFP dan Mediator? Kepribadian Mediator adalah idealis sejati, selalu mencari celah kebaikan bahkan pada orang atau kejadian terburuk sekalipun, mencari cara untuk membuatnya menjadi lebih baik. Walaupun mereka mungkin dirasa pendiam, tidak ramah, bahkan pemalu, Mediator memiliki api dan semangat di dalam dada yang benar-benar dapat bersinar. Mencapai 4% dari populasi, sayangnya, risiko merasa salah dipahami cukup tinggi bagi tipe kepribadian Mediator – tetapi jika mereka menemukan orang yang memiliki kecenderungan yang sama untuk diajak berbicara, keharmonisan yang mereka rasakan akan menjadi sumber kesenangan dan inspirasi.

Selain itu tipe kepribadian INFP yang condong untuk Mendengarkan Banyak Orang, tetapi Berbicara Sedikit, tentu relevan dengan pekerjaan mediator sebagai pihak netral yang tentu lebih banyak mendengarkan para pihak dan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bermasalah dalam menyelesaikan sengketanya.

Sudah siap jadi mediator? Segera ikuti Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Online 2021

Sumber – sumber rujukan :

  • https://www.16personalities.com/id/kepribadian-infp
  • https://www.alodokter.com/tipe-kepribadian-introvert-bukan-berarti-buruk
  • https://salamcendekia.id/blog/baca/apa-itu-mbti
  • https://hellosehat.com/mental/infp/
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/begini-cara-lihat-kepribadian-lewat-tes-mbti-1t0j1AYnHVj/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *