Langkah Awal Secara Mandiri Memulai Bisnis Anda Sendiri

Langkah Awal Secara Mandiri Memulai Bisnis Anda Sendiri

Membangun usaha sendiri tak pernah menjadi mudah. Khususnya bila anda tidak memiliki jaringan pertemanan yang kuat. Banyak hal – hal yang harus disiapkan sendiri dari memilih jenis usaha, produk, hingga ke pemasaran.

Merintis usaha sendiri berarti anda harus serius dalam membangun usaha anda. Jika tidak maka usaha anda tidak akan berkembang dan bisa mengalami kerugian. Apapun usaha yang ingin anda bangun, maka anda harus tekun dan serius menjalankannya. Menurut Bob Sadino, usaha yang baik adalah usaha yang ditekuni dan pengusaha tersebut menikmati pekerjaannya.

Namun mencari ide bisnis tantangan tersendiri yang perlu dilewati oleh setiap pengusaha. Karena itu diperlukan konsep dan perencanaan yang baik untuk sebuah bisnis. Namun demikian, lagi – lagi menurut Bob Sadino, yang paling penting dari sebuah bisnis adalah dikerjakan, lakukan, dan evaluasi hal – hal yang telah direncanakan.

Untuk memulai usaha, maka anda wajib menemukan minat dan keahlian anda lalu memutuskan jenis usaha yang ingin anda lakukan. Jika anda tidak menyenangi atau memiliki keahlian pada bidang tersebut, maka anda akan tidak serius mengembangkan usaha tersebut bahkan bisa menyerah jika merasa bisnis atau usaha anda tidak sesuai dengan yang anda harapkan.

Jangan lupa untuk melakukan riset. Misalnya apakah produk yang akan anda jual dibutuhkan oleh masyarakat, siapa saja yang telah memiliki produk yang serupa, bagaimana usaha yang dijalankan sesuai dengan permintaan di pasar?

Meski bisnis anda mungkin masih bisnis skala mikro atau kecil, namun anda tetap membutuhkan investasi di awal yang digunakan untuk menutupi pengeluaran sebelum menghasilkan keuntungan. Karena itu anda wajib membuat perencanaan keuangan dengan memperkirakan kebutuhan serta pengeluaran selama setidaknya 1 tahun. Ini termasuk biaya sewa, produksi, pemasaran, gaji, dll.

Maka, penting untuk membuat perencanaan keuangan termasuk memperkirakan apa saja kebutuhan serta pengeluaran selama satu tahun ke depan, mulai dari biaya sewa, pemasaran, produksi, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pertimbangkan lokasi. Yang dimaksud lokasi bukan hanya lokasi fisik namun bisa juga lokasi non fisik tempat dimana produk anda akan dipasarkan. Anda bisa menyewa lokasi fisik untuk kantor dengan menyewa co working space ataupun anda juga bisa membuat lokasi di online dengan menggunakan teknologi yang anda miliki atau membuat website sendiri atau membuat lokasi di online marketplace. Tentu saja masing – masing lokasi ini memiliki keunggulan dan juga kekurangannya.

Ingatlah selalu untuk mempromosikan produk anda. Namun ingatlah, anda tidak perlu “nyampah” di berbagai grup whatsapp untuk promosi. Anda bisa memanfaatkan fitur stories di whatsapp. Atau jika anda menggunakan whatsapp bisnis, disana terdapat fitur produk. Anda juga bisa beriklan dengan harga yang cukup terjangkau di berbagai platform media sosial.

Yang paling terpenting dalam memulai bisnis anda sendiri adalah jangan ragu dan jangan patah semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *