Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar!

Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar!

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang terbakar. Menurut Rika Aprianti, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, kebakaran terjadi pada pukul 1.50 di Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang.

Rika Aprianti menjelaskan jika lokasi kebakaran itu merupakan tempat hunian bagi warga binaan kasus narkoba. Ia menyebutkan, hunian Blok C tersebut diisi oleh 122 warga binaan dan 15 orang petugas lapas.

Peristiwa kebakaran tersebut berlangsung selama hampir 2 jam. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyatakan terdapat 41 orang yang meninggal dunia, 73 orang luka ringan, dan 9 orang luka berat. Korban yang mengalami luka berat dirujuk ke rumah sakit daerah, dan korban luka ringan dirawat di klinik lapas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran menyebutkan jika korban yang meninggal dievakuasi ke dua rumah sakit yang berbeda di Kota Tangerang, yakni RSUD Kabupaten Tangerang dan RSUP Sitanala.

41 orang yang meninggal kesemuanya adalah narapidana, mereka meninggal dunia karena berada di dalam ruang tahanan yang terkunci. Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek listrik. Tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri juga telah bekerja untuk melakukan pemeriksaan guna memastikan penyebab kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang.

Keluarga korban kebakaran dapat menghubungi pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk mendapatkan pembaruan informasi melaluicall center 0813 8355 7758 yang dibuka selama 24 jam. Arief Wismansyah, Walikota Tangerang, menjelaskan jika Posko Informasi akan didirikan di Lapas Tangerang. Menurutnya melalui posko informasi ini keluarga bisa mengetahui siapa saja napi yang meninggal, yang luka berat dan luka ringan dan bagaimana penanganannya

Dalam kesempatan yang berbeda, Arsul Sani, anggota Komisi III DPR mengatakan jika peristiwa kebakaran menjadi tragedi yang menyedihkan. Arsul juga telah meminta Bareskrim Mabes Polri untuk menyelidiki peristiwa kebakaran ini sampai tuntas. Ia juga meminta agar Menteri Hukum dan HAM melakukan audit keamanan di lembaga-lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *