Mau Beli BBM Dengan Harga Subsidi? Jangan Lupa Daftar Disini!

Untuk memperoleh BBM Bersubsidi, pemerintah telah menentukan bahwa masyarakat dapat mendaftarkan diri. Proses pendaftaran diri ini khususnya untuk pemilik kendaraan roda empat. Pendaftaran ini digunakan untuk pembelian BBM bersubsidi di SPBU Pertamina.

Alfian Nasution, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, menyebutkan jika masyarakat dapat mendaftarkan diri dengan cara mengakses website subsiditepat.mypertamina.id

Pendaftaran di situs tersebut diperuntukkan pengguna pertalite dan solar subsidi dengan kendaraan roda 4, kendaraan roda lebih dari 4, kendaraan komersial penumpang, kendaraan komersial barang. Selain itu juga kendaraan untuk layanan umum (ambulans, mobil jenazah, pemadam kebakaran, truk pengangkut sampah), dan nonkendaraan (dengan surat rekomendasi dari instansi pemerintah daerah terkait). Sementara pengguna kendaraan roda dua dan pengguna BBM nonsubsidi (Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex) belum perlu mendaftarkan diri

Irto Ginting, Secretary Corporate Pertamina Patra Niaga, meminta agar masyarakat yang merasa berhak untuk menggunakan BBM Subsidi bisa segera mendaftar baik melalui booth pendaftaran yang disiapkan di SPBU/lokasi lain, melalui web subsiditepat.mypertamina.id maupun melalui aplikasi MyPertamina. Hingga 23 Juli, Pertamina mencatat kalau kendaraan roda empat yang telah didaftarkan mencapai lebih dari 220 ribu unit.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Ke depan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” ujar Irto.

Cara pendaftarannya juga cukup mudah

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, dan dokumen pendukung lainnya
  • Siapkan foto kendaraan tampak jelas dari sisi depan dan samping
  • Bagi konsumen solar bersubsidi, wajib menyertakan foto surat uji KIR dan surat rekomendasi pengguna solar bersubsidi dari dinas terkait.
  • Buka website mypertamina.id
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa diprint out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

Untuk diketahui, sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022 Pertalite ditetapkan sebagai BBM Penugasan oleh Pemerintah. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran subsidi tepat sasaran menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi pertamina patra niaga ataupun media sosial pertamina

Mau membuat perjanjian, pernyataan, ataupun dokumen hukum lainnya tanpa repot dan gratis? Anda dapat membuat beragam dokumen hukum untuk berbagai keperluan pribadi anda.

Segera kunjungi DokumenHukum.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.