Melindungi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum

Melindungi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum

Berhadapan dengan hukum, bukanlah sesuatu yang mudah, bahkan bagi orang dewasa. Tak heran jika berbicara anak yang berhadapan dengan hukum, maka dibutukan perlakuan dan perlindungan khusus untuk dapat mengampu kepentingan terbaik anak, terutama anak – anak yang berada dalam sistem peradilan pidana.

Persoalannya, Indonesia tidak memiliki patokan baku yang ditetapkan oleh hukum dalam menetapkan siapa yang sebenarnya dapat dikategorikan sebagai anak. Akan tetapi, dalam konteks anak yang berhadapan dengan hukum, maka hukum telah menentukan jika yang dapat dikategorikan sebagai anak adalah seseorang yang telah berusia 12 tahun dan belum mencapai usia 18 tahun yang telah diduga melakukan tindak pidana. Ketentuan ini diatur dalam Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Selengkapnya…

Butuh memiliki tempat usaha yang resmi dan prestisius? Anda dapat menggunakan virtual office atau kantor virtual sebagai tempat bisnis resmi anda. Tersedia di 5 lokasi di Jakarta, segera temukan kantor virtual yang cocok untuk bisnis anda

Segera minta penawaran terbaik di BukaUsaha by NgertiHukum.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.