Memanfaatkan Podcast Sebagai Distribusi Pengetahuan

Memanfaatkan Podcast Sebagai Distribusi Pengetahuan

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan pilihan fasilitas yang beraneka ragam, pilihan untuk menikmati suatu konten kian meluas, salah satunya podcast. Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Podcast kian digandrungi oleh para milenial hasil menunjukkan bahwa pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh usia 20-25 tahun, yaitu sebesar 42,12 persen. Kemudian diikuti oleh kelompok usia 26-29 dan 30-35 tahun. Dengan hasil tersebut tentu podcast bisa menjadi sarana distribusi pengetahuan yang baik.

Ada tiga jenis format perangkat podcast yang berkembang sampai saat ini, yaitu: audio podcast, enhanced podcast, dan video podcast. Audio podcast merupakan podcast yang isinya audio. Format ini merupakan tipe podcast yang paling populer karena file audio dikompresi dalam format digital MP3 (MPEG-1 atau MPEG-2 Audio Layer III) sehingga bisa diputar melalui semua perangkat pemutar audio yang mendukung format MP3. Sedangkan enhanched podcast tidak hanya menghasilkan suara tetapi juga menghasilkan gambar file audio berjalan. Terakhir, adalah video podcast yang menghasilkan file video yang kebanyakan dalam format MP4 (MPEG-4).

Banyak jenis podcast yang menarik untuk digunakan sebagai sarana distribusi pengetahuan. Simak beberapa manfaat menggunakan podcast sebagai sarana distribusi pengetahuan,

Meningkatkan Pemahaman
Peran dari podcast di masa depan yakni meningkatkan keterampilan pemahaman melalui mendengar. Banyak pebelajar yang mampu menyerap lebih banyak informasi saat mereka mendengarkan dibandingkan dengan membaca, pada beberapa kasus bahkan tiga kali lebih banyak. Hal tersebut mendorong proses diskusi, yang dapat mendorong berpikir kreatif dan komunikasi terbuka antara pengajar dan pebelajar.

podcast mengatasi keterbatasan pengalaman

Artinya jika sebuah objek yang diinginkan tidak dapat ditemukan atau dialami secara langsung, maka obyek sumber belajar (dalam bentuk podcast) dapat dihadirkan. Misalnya tentang kebudayaan di luar daerah, musik, bunyi-bunyi atau suara (sound effect) dan lain-lain.

podcast merupakan media pendistribusian pengetahuan yang efektif dan efisien.

Podcast ini disebut efektif karena podcast dapat digunakan sebagai media belajar dan pembelajaran yang variatif, perangkat pemutarnya (player) sederhana dan mudah ditemukan dan dapat didengarkan di mana saja kapan saja bahkan bagi yang terbiasa multitasking, dapat mendengarkan sambil melakukan aktifitas atau pekerjaan rumah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *