Mengenal Model Bisnis Waralaba

Mengenal Model Bisnis Waralaba

Punya bisnis sendiri menjadi impian bagi banyak orang. Namun, banyak juga yang menahan impian untuk memulai bisnis sendiri dengan menimbang banyaknya tantangan yang dihadapi. Berbagai contoh tantangan yang bakal dihadapi oleh pebisnis pemula biasanya mencakup ketersediaan modal dan sumber daya, ide bisnis, termasuk strategi pemasaran.

Untuk menyiasati berbagai tantangan tersebut, mungkin anda perlu mengenal model bisnis yang sudah lama ada dan kian berkembang, yaitu model bisnis kemitraan atau waralaba. Model bisnis kemitraan ini sudah ada sejak 1930-an saat Howard Deering Johnson memperkenalkan franchising dengan restauran McDonald-nya.

Bisnis waralaba secara definisi adalah model bisnis yang menjadi jembatan antara pemilik merek dengan pemodal. Dengan model waralaba, pemilik merek memberikan hak kepada pemodal untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek berdasarkan perjanjian yang telah disepakati.

Di Indonesia istilah waralaba dapat ditemukan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba.  Dalam peraturan tersebut, disebutkan jika waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Selengkapnya…

Mau ikut jadi Advokat? Segera ikut Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan XIII yang dimulai pada November 2022.

Segera daftarkan diri melalui PKPA Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.