Mengenal Tahapan Rehabilitasi yang Akan Dijalani Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani.

Mengenal Tahapan Rehabilitasi yang Akan Dijalani Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani.

No Comments

Pada hari ini (Senin 12/7/2021) pasangan suami istri Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani resmi menjalani rehabilitasi di lembaga rehabilitasi sesuai dengan kebijakan penyidik dan keluarga. Sesuai dengan Pasal 127 ayat (3) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika yaitu Penyalah guna wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Menurut Badan Narkotika Nasional, ada tiga tahap rehabilitasi narkoba yang harus dilalui oleh pecandu narkoba, yaitu:

Rehabilitasi medis (detoksifikasi) berdasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 2415/MENKES/PER/XII/2011 Tentang Rehabilitasi Medis Pecandu, Penyalahguna dan Korban Penyalahgunaan Narkotika adalah suatu proses kegiatan pengobatan secara terpadu untuk membebaskan pecandu dari ketergantungan Narkotika. Pada tahap ini pihak yang menangani adalah dokter, dimana dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan memutuskan apakah pengguna perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau). Teknik detoksifikasi yang biasa dilakukan di Indonesia, antara lain:

  1. Cold turkey, yaitu mengurung pecandu pada fase sakau tanpa memberikan obat lain selama 2 minggu.
  2. Terapi substitusi, yaitu terapi yang khusus digunakan bagi pecandu heroin atau opioid. Kebutuhan heroin akan diganti dengan metadhone, codein, morfin, atau naltrekson.
  3. Terapi simptomatik, yaitu memberikan obat yang disesuaikan dengan keluhan pecandu narkoba.

Rehabilitasi sosial atau non medis berdasarkan pada Peraturan Menteri Sosial RI No. 16 Tahun 2019 Tentang Standar Nasional Rehabilitasi Sosial. rehabilitasi sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu, baik fisik, mental maupun sosial, agar bekas pecandu Narkotika dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan masyarakat. Adapun beberapa upaya yang akan dilakukan yaitu:

Terapi

Upaya terapi yang dilakukan adalah terapi fisik, terapi mental/spiritual, terapi psikososial, dan terapi penghidupan sebagai layanan pasca rehabilitasi.

Perawatan sosial

Serangkaian layanan yang dilakukan untuk membantu dalam mempertahankan kemandirian mereka, untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan membantu mereka menjalani kehidupan yang partisipatif dan berperan secara aktif di lingkungan sosialnya.

Dukungan keluarga

Upaya ini melibatkan keluarga agar terlibat dalam proses rehabilitasi dalam bentuk dukungan penilaian, dukungan instrumental, dukungan informasional, dan dukungan emosional untuk membantu pengguna narkoba ke arah yang lebih positif.

Bantu (Bantu Bertujuan) korban penyalahguna NAPZA

Bantuan bertujuan memberikan beberapa pelayanan yaitu rawat dalam institusi (rawat inap) dilaksanakan selamat 4 (empat) bulan, rawat luar institusi (rawat jalan) selama 3 (tiga) bulan, aftercare bagi korban penyalahgunaan NAPZA

Rehabilitasi bina lanjut bagi pengguna narkoba, pada tahap ini pengguna akan diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk menjalani kegiatan sehari-hari namun tetap berada di bawah pengawasan. Tujuan utamanya adalah menolong pecandu agar mampu kembali ke tengah masyarakat dan dapat kembali menjalani kehidupan yang produktif.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments
Share