Mengendalikan Mobilitas Warga DKI Jakarta dengan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP)

Mengendalikan Mobilitas Warga DKI Jakarta dengan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP)

Kenaikan kasus harian Covid-19 di Jabodetabek tercatat tertinggi di banding wilayah daerah Indonesia yang lain, salah satu terjadinya kenaikan ini diakibatkan oleh mobilitas warga yang tinggi. Dalam mengatasi ini Provinsi DKI Jakarta melakukan beberapa titik penyekatan. Dalam Press Conference Pembatasan Mobilitas Pada Masa PPKM Darurat, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa sektor esensial dan kritikal diperbolehkan melintas mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB, sementara pukul 10.00 – 22.00 WIB hanya tenaga kesehatan dan petugas darurat lainnya yang diberikan akses.

Pelaksanaan titik penyekatan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran No. 49 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas SE Menteri Perhubungan No. 43 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada angka 6b yaitu perjalanan rutin dengan moda transportasi darat serta sungai, danau dan penyeberangan dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan sebagaimana dimaksud pada angka 6a wajib dilengkapi dengan persyaratan dokumen berupa:

  1. Surat Tanda Registrasi Pekerja atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat; dan/atau
  2. Surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta telah menerima total 1.206.098 permohonan STRP yang diajukan secara kolektif oleh perusahaan dan yang diterbitkan berjumlah 794.476 STRP. Jadi siapa-siapa saja yang dapat mengajukan permohonan STRP ini?

Permohonan STRP dapat diajukan kepada Pemprov DKI Jakarta apabila termasuk ke dalam 2 (dua) kategorisasi/ jenis permohonan STRP, yaitu:

  1. Perorangan dengan kebutuhan mendesak, seperti kunjungan keluarga sakit, kunjungan keluarga duka/antar jenazah, ibu hamil, dan pendampingan bersalin/ibu hamil.
  2. Perusahaan/ pekerja sektor esensial dan kritikal.

Merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 18 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kedua Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 15 Tahun 2021 Pekerja, yang dimaksud dengan pekerja esensial yaitu:

  1. keuangan dan perbankan hanya meliputi asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan (yang berorientasi pada pelayanan fisik dengan pelanggan (customer);
  2. pasar modal (yang berorientasi pada pelayanan dengan pelanggan (customer) dan berjalannya operasional pasar modal secara baik)
  3. teknologi informasi dan komunikasi meliputi operator seluler, data center, internet, pos, media terkait dengan penyebaran informasi kepada masyarakat;
  4. perhotelan non penanganan karantina; dan
  5. industri orientasi ekspor

Sedangkan yang termasuk dalam pekerja sektor kritikal adalah kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat, penanganan bencana, energi, logistik, transportasi dan distribusi terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat, makanan dan minuman seta penunjangnya, termasuk untuk ternak/hewan peliharaan, pupuk dan petrokimia, semen dan bahan bangunan, obyek vital nasional, proyek strategis nasional, konstruksi (infrastruktur publik) dan utilitas dasar (listrik, air, dan pengelolaan sampah).

Permohonan STRP bagi warga Jakarta dapat dilakukan melalui aplikasi JakEVO atau melalui website jakevo.jakarta.go.id dengan cara mengisi formulir permohonan dan mengupload dokumen persyaratan. Dokumen persyaratan yang wajib dipenuhi oleh Pemohon, diantaranya:

  1. Bagi Perorangan, syarat yang harus dipenuhi adalah KTP Pemohon, sertifikat vaksin, foto ukuran 4×6 berwarna dan surat pengantar dari RT/RW.
  2. Bagi Perusahaan, syarat yang harus dipenuhi adalah KTP Pemohon/ Penanggungjawab, Surat tugas dari perusahaan, sertifikat vaksin, foto ukuran 4×6 berwarna, dan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi perusahaan swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *