Minggu Ini, Monas Boleh Dikunjungi Warga

Salah satu ikon Jakarta, Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas akan segera dibuka pada minggu ini.

Rencana membuka kembali Monas untuk warga disebabkan semakin terkendalinya pandemic Covid 19. Pemerintah Jakarta juga sudah merencanakan pembukaan kembali kawasan Monumen Nasional.

Sebelumnya, Monas sempat ditutup sejak Maret 2020, selain karena merebaknya Covid 19, akan tetapi juga sedang dilakukannya revitalisasi Plaza Selatan Monas.

Rencana pembukaan kembali kawasan Monas tersebut juga didukung oleh pemerintah pusat. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyebutkan jika pembukaan Monas kembali akan berdampak pada sektor pariwisata karena kawasan Monas sudah lama menjadi tujuan wisatawan baik domestik ataupun internasional.

Menurut Sandiaga Monas telah menjadi daya tarik utama bagi mereka yang tertarik datang ke Jakarta.

“Banyak kegiatan-kegiatan juga yang mau menggunakan Monas sebagai backdrop dari kegiatan tersebut,” ungkap Sandiaga

Sebagai informasi, yang akan dibuka adalah kawasan Monas, tidak termasuk di Tugu Monas.

Meski resminya kawasan Monas ditutup untuk umum sejak Maret 2020, namun kawasan Monas sempat digunakan untuk beberapa kegiatan. Monas menjadi lokasi penghormatan untuk Satgas Covid 19 dan posko pengisian oksigen untuk rumah sakit Covid-19.

Pemerintah Jakarta juga menggunakan kawasan Monas untuk acara peresmian armada bus listrik TransJakarta serta sempat menggelar meet and greet bersama pebalap Formula E.

Disekitar kawasan Monas sendiri terdapat sejumlah tempat yang dapat menjadi bagian dari beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Misalnya Museum Nasional atau yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah. Jaraknya hanya sekitar 600 meter dapat menjadi pilihan untuk menikmati dan mempelajari sejarah.

Selain itu anda juga dapat mengunjungi Perpustakaan Nasional. Bangunan di depan gedung berlantai 27 tersebut dirancang oleh J.J.J de Bruyn, A.P Smith, dan Charles van de Linde dan  dibangun pada 1942. Perpustakaan ini mengelola berbagai macam buku untuk segala usia. Anda juga dapat melakukan aktivitas lain, seperti berfoto atau menikmati pemandangan Jakarta

Tak jauh dari Monas juga terdapat Gedung Joang 45 yang dijadikan Museum. Beroperasi awal sebagai hotel yang didirikan oleh pengusaha Belanda bernama LC Schomper, saat ini menjadi situs yang menyimpan berbagai benda penting berkaitan dengan perjuangan Indonesia untuk Merdeka.

Jangan lupakan juga Pos Bloc atau Gedung Filateli. Pos Bloc adalah area rekreasi dan kuliner yang hanya berjarak 2 km dari kawasan Monas. Pos Bloc bisa jadi salah satu destinasi idaman jika hendak mencari berbagai tempat untuk menikmati beragam kuliner.

Memiliki pertanyaan soal hukum? Atau anda sedang terlibat masalah hukum? Konsultasikan persoalan anda, persoalan anda akan direspon oleh lebih dari 70 Mitra Penyedia Layanan Hukum di seluruh Indonesia.

Tersedia forum konsultasi online yang dapat diakses secara gratis

Segera kunjungi ICJR Law Hub

Leave a Reply

Your email address will not be published.