Panduan Lengkap Untuk Membantu Anda Membuat Kontrak Bisnis Dengan Baik

Panduan Lengkap Untuk Membantu Anda Membuat Kontrak Bisnis Dengan Baik

Perancangan kontrak atau contract drafting merupakan sebuah keterampilan yang dapat menunjang penerapan profesi hukum secara umum. Banyak profesi hukum seperti advokat, notaris, hakim, jaksa, legal perusahaan, dan profesi hukum lainnya memerlukan keterampilan ini, karena pada dasarnya profesi hukum ini sering kali menghasilkan produk tertulis dalam kinerjanya seperti surat kuasa, surat gugatan, dokumen, tuntutan, dan lainnya.

Dalam praktiknya, kontrak merupakan tanda awal kesepakatan para pihak, seperti yang tertuang dalam Pasal 1313 Kitab Undang-Undang Perdata (KUHPer) yang bunyinya, “Suatu Persetujuan adalah suatu perbuatan dengan mana seorang atau lebih mengikatkan diri terhadap satu orang lain atau lebih.” Dari sini dapat dipahami jika kontrak adalah awal dari kesepakatan para pihak yang saling mengikat secara sah dan berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya sesuai dengan bunyi Pasal 1338 KUHPer.

Suatu perancangan kontrak harus selalu memperhatikan teori, asas, dan kaidah yang diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan demikian, keterampilan peninjauan (review) kontrak dan penanganan perselisihan serta mitigasi risiko yang terjadi harus dimiliki juga di samping keterampilan penyusunan kontrak itu sendiri. Bertolak dari hal ini, ICJR Learning Hub menyelenggarakan pelatihan berseri Contract Drafting Series: Teknik Perancangan Hingga Peninjauan Kontrak pada 22-25 Oktober 2021 secara daring/online melalui platform zoom webinar.

Pelatihan virtual ini menghadirkan narasumber – narasumber kompeten dan ahli di bidangnya, diantaranya Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.H. (Guru Besar FH Universitas Airlangga), Hatta Imam Winarno, S.H. (Senior Legal pada salah satu Bank terbesar di Indonesia), Rizky Rahmawati Pasaribu, S.H., LL.M. (Managing Partner pada Amali & Associate), dan Asep Ridwan, S.H., M.H. (Partner pada Assegaf Hamzah & Partners).

Pelatihan yang digelar selama 4 hari berturut – turut bertujuan untuk membekali peserta pelatihan dengan pemahaman dan keterampilan dalam menyusun kontrak, hingga meninjau kembali kontrak tersebut, serta teknik mitigasi risiko dalam penyusunan sebuah kontrak.

Dalam pemaparannya, Prof. Agus, atau yang lebih dikenal dengan Prof. Yudha menyampaikan bahwa contract drafting merupakan kegiatan ilmiah yang terstruktur, dimana ini merupakan proses menuangkan proses bisnis dalam bahasa hukum.

Kemudian Hatta juga menambahkan bahwa kontak bisnis ini dibutuhkan untuk memberikan rasa aman dan kepastian dalam melaksanakan aktivitas bisnis. Sedangkan pada membuat kontrak, dibutuhkan kemahiran dalam memahami tahap perancangan, anatomi, dan bahasa kontrak, serta memiliki pengetahuan tentang strategi negosiasi dan antisipasi risiko.

Pada kesempatan kali ini, Rizky menyampaikan bahwa dalam penyusunan atau perancangan kontrak harus benar-benar dipahami bahwa dokumen kontrak ini adalah suatu dokumen hukum yang mengikat para pihak. Selain itu yang perlu diingat adalah: “Semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai Undang-undang bagi mereka yang membuatnya” tertuang pada Pasal 1338 KUH Perdata.

Sedangkan Asep mengingatkan bahwa masalah kontrak bukan hanya masalah bisnis, tapi masalah hukum karena kontrak menciptakan hubungan hukum di antara para pihak, bahkan kadang masalah substansial dikalahkan oleh masalah formalitas karena kekuranghatian dalam menyusun kontrak.  Sehingga dalam hal ini penting sekali memahami betul bagaimana caranya memitigasi risiko sengketa kontrak.

Selama 4 hari kegiatan ini diikuti oleh 464 Peserta yang berasal dari sekitar 70 Kota di Indonesia, dan menghasilkan 37 perbincangan selama kegiatan ini berlangsung. Riesta Aldilah, Chancellor ICJR Learning Hub menyatakan kegembiraannya dengan peserta yang sangat antusias dalam mengikuti seri training tersebut. Riesta menjelaskan bahwa series training ini adalah bagian dari komitmen jangka panjang dari ICJR Learning Hub untuk terus menerus mendistribusikan pengetahuan ke seluruh Indonesia dan sekaligus memperkuat kapasitas pengetahuan hukum bagi komunitas hukum di Indonesia

Memiliki pertanyaan soal hukum? Atau anda sedang terlibat masalah hukum? Konsultasikan persoalan anda, persoalan anda akan direspon oleh lebih dari 70 Mitra Penyedia Layanan Hukum di seluruh Indonesia.

Tersedia forum konsultasi online yang dapat diakses secara gratis

Segera kunjungi ICJR Law Hub

Leave a Reply

Your email address will not be published.