Panduan Pelatihan untuk Pelatih HAM Bagi Aparat Penegak Hukum

Panduan Pelatihan untuk Pelatih Hak Asasi Manusia Bagi Aparat Penegak Hukum ini merupakan panduan yang digunakan dalam Pelatihan untuk Pelatih Hak Asasi Manusia Bagi Aparat Penegak Hukum yang diselenggarakan oleh ELSAM, ICJR, WCSC dan Mahkamah Agung. Pelatihan ini diperuntukkan bagi para pelatih atau pengajar hak asasi manusia bagi aparat penegak hukum di Indonesia, khususnya didaerah konflik.

Pelatihan tersebut diselenggarakan secara berjenjang, yang terdiri dari 3 tahapan. Dan setiap tahapnya akan memiliki modul yang terpisah. Komponen materi pada tiap tahapannya, yaitu pada tahap pertama, akan mempelajari mengenai pendidikan hak asasi manusia dan metodologinya, pendidikan hak asasi manusia bagi penegak hokum, dan merancang kurikulum pendidikan hak asasi manusia. Pada tahap kedua, akan mempelajari mengenai metode pendidikan orang dewasa, pengelolaan pendidikan orang dewasa dan tehnik fasilitasi. Pada tahap ketiga akan melakukan praktek memfasilitasi dan evaluasi.

Materi-materi di dalam manual pelatihan ini disusun dan dikembangkan oleh Tim Pengembangan Kurikulum yang terdiri dari Atikah Nuraini dan Herizal E Arifin. Proses penyusunan manual ini melalui beberapa proses diskusi, yang melibatkan para pendidik hak asasi manusia, Lemdiklat Kepolisian, Lapas, dan Mahkamah Agung. ELSAM, ICJR dan WCSC berhutang budi kepada semua pihak yang telah mencurahkan waktu dan keahliannya dalam menyusun panduan pelatihan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang memberikan kontribusi dalam persiapan, penyusunan, penulisan, penerjemahan, ilustrasi, pencetakan dan penyebarluasan manual pelatihan ini.

Program ini terselenggara atas dukungan dan kerjasama dari US Embassy. Semua bagian dari manual ini boleh digandakan oleh segala organisasi non-pemerintah atau organisasi kemasyarakatan, instansi pendidikan dan pelatihan yang berada dibawah naungan intansi penegak hukum, untuk digunakan dalam pendidikan hak asasi manusia dengan menyebutkan sumbernya dan menyampaikan pemberitahuan kepada ELSAM, ICJR dan WCSC. Pendapat yang diungkapkan dalam manual ini sepenuhnya tanggung tim penyusun dan tidak mewakili pendapat atau posisi lembaga

TOT Tahap I (unduh)
TOT Tahap II (unduh)
TOT Tahap III (unduh)

Share
%d bloggers like this: