Pelaku UMKM Punya Masalah Hukum? Kemenkop UKM Sediakan Solusinya!

Pelaku UMKM Punya Masalah Hukum? Kemenkop UKM Sediakan Solusinya!

Wabah pandemi Covid 19 telah membawa dampak kepada pelaku UMKM. Banyak diantaranya yang mengakibatkan mereka terjerat masalah hukum, seperti masalah kredit macet, utang piutang, wanprestasi, hingga masalah ketenagakerjaan dengan karyawan dan sebagainya.

Dijelaskan oleh Arif Rahman Hakim, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, bahwa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Pelaku UMKM masih sulit untuk mendapatkan bantuan dari konsultan profesional, baik konsultan usaha maupun konsultan hukum.

Namun, menurut Arif, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja yang diturunkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil, pemerintah menyediakan Layanan Bantuan dan Pendampingan Hukum bagi pelaku UMKM dan telah menyusun program kegiatan fasilitasi hukum untuk membantu Pelaku UMKM untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang dihadapi.

Selengkapnya…

Mau meningkatkan kapasitas dan skil serta pengetahuan dengan cara mudah dan terjangkau? Mulai dari IDR 50 ribu/bulan, anda dapat mengikuti beragam pelatihan virtual dan kelas pengetahuan mandiri tanpa batas.

Segera daftarkan diri anda dalam program Amica@NgertiHukumID

One thought on “Pelaku UMKM Punya Masalah Hukum? Kemenkop UKM Sediakan Solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.