Peta Jalan Transisi Pandemi COVID-19 Menuju Endemi Sedang Dipersiapkan

Peta Jalan Transisi Pandemi COVID-19 Menuju Endemi Sedang Dipersiapkan

Virus Covid-19 tergolong ke dalam kelompok virus RNA (ribonucleic acid), yang merupakan alah satu jenis dari asam nukleat, dan virus ini dikategorikan sebagai makhluk hidup, sehingga mudah bermutasi, dengan titik stabil yang cenderung lama. Sehingga infeksi pada manusia sangat mudah terjadi. Tak heran jika banyak wilayah dan negara di dunia yang sulit mengendalikan penyebaran virus covid 19.

Namun sejalan dengan perkembangan kasus Covid 19 di seluruh dunia, pandemi Covid-19 diprediksi akan menjadi endemi. Namun dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan Covid-19 sebagai endemi seperti halnya penyakit flu ataupun malaria. Endemi sendiri adalah keadaan suatu penyakit yang konstan dalam suatu populasi atau area geografis tertentu, bukan secara global.

Pemerintah juga berupaya cepat untuk menyusun peta jalan transisi dari pandemi menuju endemi guna mengendalikan laju penularan COVID-19 dan mengembalikan aktivitas masyarakat secara normal. Langkah awalnya adalah dengan mempercepat vaksinasi, mendisiplinkan kebiasaan, dan menjaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat.

Peta jalan tersebut akan menjadi dasar tatanan hidup baru bagi masyarakat dalam transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi. Peta jalan itu diharapkan menjadi acuan untuk menekan penularan COVID-19 sekaligus untuk memungkinkan masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa.

Dalam keterangan persnya, Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informasi, menyebutkan jika pemerintah akan melibatkan stakeholder terkait dan menjadikan pengalaman negara-negara lain sebagai acuan.

Menurutnya peta jalan terus akan terus disempurnakan sesuai perkembangan penanganan COVID-19 dengan target pembukaan pada fatality rate kurang lebih 2%, kasus aktif kurang lebih 100.000, serta positivity rate kurang dari 5%.

Menkominfo juga menjelaskan jika protokol kesehatan harus diterapkan dengan disiplin, khususnya dalam hal mengenakan masker serta upaya lain, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran diri dalam menerapkan protokol kesehatan dan segera mengikuti program vaksinasi.

Dikcy Budiman, Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, juga menjelaskan jika harus ada peta jalan menuju pemulihan bahwa pandemi virus Covid 19 akan menjadi endemi. Namun ia mengingatkan jika peta jalan tersebut jangan hanya mengarahkan pada pilihan endemic. Setidaknya, menurut Dicky, ada 4 pilihan yaitu tetap epidemi, endemic, dan pilihan terkendali.

Ia juga menekankan jika upaya transisi diperlukan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, vaksinasi serta penerapan tracing, testing, dan treatment (3T). Hal ini akan menjadi solusi efektif untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *