Presiden: Berbagai Daerah di Jawa – Bali Masuk PPKM Level 3

Presiden: Berbagai Daerah di Jawa – Bali Masuk PPKM Level 3

Pemerintah akhirnya memutuskan perpanjangan PPKM di wilayah Pulau Jawa dan Bali terhitung sejak Selasa 24 Agustus 2021 sampai dengan 30 Agustus 2021. Keputusan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual.

“Pemerintah memutuskan mulai 24-30 Agustus 2021 beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3. Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa kota lainnya sudah bisa berada pada level 3,” kata Presiden Joko Widodo.

Untuk pulau Jawa – Bali ada perkembangan positif, Level 4 dari 67 kab/kota menjadi 51 kab/kota, level 3 dari 59 kab/kota menjadi 67 kab/kota, dan level 2 dari 2 kab/kota menjadi 10 kab/kota. Di luar Jawa dan Bali ada perkembangan yang membaik dimana level 4 dari 132 kab/kota menjadi 104 kab/kota, level 3 dari 215 kab/kota menjadi 234 kab/kota, dan level 2 dari 39 kab/kota menjadi 48 kab/kota.

Dengan membaiknya berbagai indikator, Pemerintah mempertimbangkan penyesuaian secara bertahap untuk pembatasan kegiatan seperti kegiatan ibadah di tempat ibadah maksimal dengan maksimal 25% kapasitas, makan di tempat untuk restoran dengan maksimal 25% kapasitas, pusat perbelanjaan dengan maksimal 50% kapasitas. Seluruh penyesuaian ini wajib diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

Presiden juga meminta agar vaksin yang diberikan kepada masyarakat bisa mencapai lebih dari 100 juta dosis di akhir Agustus 2021. Menurut Presiden, sampai dengan hari ini, kasus konfirmasi nasional telah mengalami tren penurunan dan saat ini telah menurun sebesar 78%.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *