Puluhan Pelaku UMKM Belajar Ngerti Hukum!

Ketika berbicara mengenai dunia hukum, banyak masyarakat yang berpandangan kalau hal tersebut merupakan sesuatu yang rumit, menyulitkan, atau bahkan dapat menjadi hambatan untuk melakukan sebuah kegiatan. Begitupun dengan pelaku usaha khususnya UMKM yang awam terkait dengan beragam aturan hukum yang menyangkut operasional usaha mereka. Padahal dengan memahami hukum dan kemudian mengimplementasikannya, usaha yang dijalankan dapat memiliki perlindungan hukum yang lebih optimal.

Hal inilah yang menjadi pembicaraan utama dari Mini Workshop yang diselenggarakan oleh Xendit bekerja sama dengan Ngertihukum.id. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu, 25 Juni 2022 kemarin secara daring ini mengangkat topik “Strategi Optimasi Perlindungan Hukum Bagi UMKM”. Mini Workshop ini dihadiri oleh puluhan para pelaku usaha mitra Xendit yang tergabung di dalam Xensclub. Adapun materi yang dibawakan dalam acara ini berfokus pada pentingnya pendirian badan hukum untuk usaha, perlindungan hak cipta dan merek untuk usaha, serta peran dokumen hukum bagi kelangsungan sebuah usaha.

Dalam diskusi tersebut, Anggara menjelaskan alasan dan manfaat apabila para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ngerti hukum. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk melindungi bisnis yang dijalani dari potensi kerugian akibat dari pelanggaran hukum baik. Selain itu kepatuhan terhadap hukum juga berguna agar dapat membangun citra positif dari para pekaku UMKM di mata masyarakat sebagai pelaku usaha yang taat hukum.

Meski para pelaku UMKM khususnya usaha mikro masih merupakan usaha non badan hukum, namun dijelaskan juga oleh Anggara mengenai urgensi para pelaku usaha untuk membentuk badan hukum bagi usaha yang mdimiliki. Pembentukan badan hukum bagi usaha ternyata menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan, karena dengan berdirinya sebuah badan hukum maka usaha tersebut terdaftar dan terdokumentasi pendiriannya di database pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM. Beberapa pilihan badan hukum yang dapat dipilih oleh para pelaku UMKM antara lain Perseroan Terbatas, Commanditaire Vennootschap (CV), dan paling terbaru adalah Perseroan Terbatas Perorangan (PT Perorangan) yang muncul sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Selain membicarakan tentang badan hukum untuk usaha, para pelaku UMKM juga diingatkan akan perlindungan kekayaan intelektual bagi pelaku UMKM, khususnya merek. Karena seringkali terjadi sengketa hukum atas sebuah merek dagang yang beredar di masyarakat.

“Perlindungan merek bukan diberikan kepada mereka yang pertama kali menggunakannya, namun diberikan kepada mereka yang pertama kali mendaftarkan merek dagangnya” ujar Anggara.

Anggara juga memberikan beberapa alasan yang sekiranya dapat membuat sebuah pendaftaran merek dagang ditolak. Penyebabnya antara lain seperti bertentangan dengan moralitas/kesusilaan atau menyerupai bendera/lambang negara.

Topik lainnya yang juga disampaikan adalah, peran dari sebuah dokumen hukum untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi setiap pelaku usaha. Adapun dokumen hukum yang dimaksud yaitu seperti Surat Perjanjian Jual Beli, Surat Perjanjian Konsinyasi (titip jual), Surat Permohonan Keringanan Hutang, dan masih banyak yang lainnya. Pengetahuan mengenai dokumen hukum ini perlu dimiliki oleh pelaku usaha, karena seringkali terjadi permasalahan hukum wanprestasi/ingkar janji yang didasari dengan tidak adanya perjanjian tertulis yang dapat menjadi bukti dan dasar.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM sendiri pada dasarnya memfasilitasi pembuatan dokumen hukum bagi pelaku usaha. Namun sebagai alternatif, Anggara juga menyebutkan sebuah aplikasi legal document generator yang bernama dokumenhukum.id yang dikembangkan oleh Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). Dalam aplikasi ini terdapat puluhan template dokumen hukum yang dimanfaatkan secara gratis oleh para pelaku usaha.

Mau membuat perjanjian, pernyataan, ataupun dokumen hukum lainnya tanpa repot dan gratis? Anda dapat membuat beragam dokumen hukum untuk berbagai keperluan pribadi anda.

Segera kunjungi DokumenHukum.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.