Rangkaian Upaya Indonesia Tanggulangi Peningkatan Kekerasan Terhadap Anak di Masa Pandemi

Rangkaian Upaya Indonesia Tanggulangi Peningkatan Kekerasan Terhadap Anak di Masa Pandemi

No Comments

Kasus kekerasan terhadap anak di masa pandemi covid-19 ini terjadi peningkatan, Berdasarkan pelaporan pada Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMPONI PPA) hingga 3 Juni 2021 terdapat 3.122 kasus kekerasan terhadap anak. Dari data tersebut, kekerasan seksual angkanya selalu mendominasi. Menurut laporan UNICEF lonjakan kekerasan terhadap anak disebabkan oleh peningkatan kekhawatiran orang tua terhadap pendapatan dan tekanan untuk membantu anak-anak terhadap aktivitas sekolah.

Masyarakat Indonesia secara luas mungkin hanya mengenal kekerasan terhadap anak secara fisik, dan seksual. Namun tahukah kamu bahwa Kekerasan terhadap anak adalah setiap perbuatan terhadap anak yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, mental, seksual, psikologis, termasuk penelantaran dan perlakuan buruk yang mengancam integritas tubuh dan merendahkan martabat anak yang dilakukan oleh pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas anak tersebut atau mereka yang memiliki kuasa atas anak tersebut, yang seharusnya dapat dipercaya.

Kekerasan terhadap anak (child abuse/violence) itu dapat dibagi menjadi lima jenis yaitu:

  1. Kekerasan fisik. Kekerasan dilakukan secara fisik, misal: ditampar, ditusuk, dibanting, dan ditendang, sehingga dapat menimbulkan luka-luka hingga kematian.
  2. Kekerasan emosional/psikis. Anak dikecam, dihardik, dipelototi, direndahkan dengan kata-kata kasar atau dipermalukan di depan temannya. Akibatnya anak menjadi sedih, murung, atau merasa terhina.
  3. Kekerasan sosial. Bentuknya berupa membeda-bedakan anak yang satu dengan yang lain, yang mungkin disebabkan perbedaan latar belakang ekonomi, kecacatan, warna kulit, agama, dan lain-lain.
  4. Kekerasan seksual. Yakni berupa paksaan pada anak untuk mengajak berperilaku/mengadakan aktivitas seksual yang nyata (oral, genital, anal atau sodomi, dan incest).
  5. Pengabaian dan Penelantaran, yaitu segala bentuk kelalaian yang melanggar hak anak dalam pemenuhan gizi dan pendidikan.

Dalam menangani kekerasan terhadap anak, Indonesia memiliki UU tentang Perlindungan Anak yaitu UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Indonesia yang dilengkapi dengan Perubahan Pertama dan Perubahan Kedua. Dalam Pasal 76C disebutkan jika “Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan Kekerasan terhadap Anak.

Selain itu pada Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2021-2025 disebutkan bahwa anak termasuk kedalam salah satu kelompok sasaran strategis dari RANHAM. Ketentuan Pasal 3 ayat (1) menyebutkan bahwa sasaran strategis dalam rangka melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM terhadap kelompok sasaran:

  1. Perempuan;
  2. Anak;
  3. Penyandang disabilitas; dan
  4. Kelompok Masyarakat Adat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia juga mengeluarkan Peraturan Menteri No. 02 Tahun 2010 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak, pada Pasal 4 pencegahan kekerasan terhadap anak meliputi kegiatan:

  1. Komunikasi, informasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak;
  2. Penyusunan kebijakan pencegahan kekerasan terhadap anak;
  3. Partisipasi anak; dan
  4. Pelatihan tentang pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak.

Pelaksanaan fasilitasi RAN PPKTA terhadap anak ini bertujuan untuk mendorong dan menggalang komitmen masing-masing kementerian/lembaga untuk melakukan kewajibannya dalam memenuhi, melindungi hak-hak anak dan mengambil tindakan serta langkah-langkah yang diperlukan guna mencegah dan menangani kekerasan terhadap anak.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts
No Comments
Share