[Training Virtual] Strategi dan Teknik Mengelola Sengketa Konsumen

[Training Virtual] Strategi dan Teknik Mengelola Sengketa Konsumen

Pendahuluan

Kelahiran UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen merupakan angin segar yang membawa kepastian hukum baik bagi pelaku usaha ataupun bagi konsumen. Dalam kegiatan perdagangan terdapat hubungan saling membutuhkan antara konsumen dan pelaku usaha. Konsumen membutuhkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa yang diperdagangkan oleh pelaku usaha sedangkan pelaku usaha membutuhkan konsumen untuk dapat membeli barang dan jasa yang diperdagangkan oleh pelaku usaha.

Secara umum, tujuan perlindungan konsumen secara global di seluruh dunia hampir sama. PBB pada 16 April 1985 dalam Resolusi 39/248 mengadopsi Guidelines for Customer Protection yang lalu diperbarui oleh UNCTAD pada 2016. Tujuan yang hendak dicapai secara global dalam Guidelines ini juga terdapat dalam ketentuan Pasal 3 UU Perlindungan Konsumen.

Dalam transaksi perdagangan antara pelaku usaha dan konsumen, sangat mungkin terjadi sengketa. Penanganan sengketa konsumen yang salah sejak awal dapat menyebabkan kerugian bagi pelaku usaha yang dapat bermuara pada terjadinya sengketa konsumen. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen memungkinkan penyelesaian sengketa baik melalui pengadilan maupun forum penyelesaian di luar pengadilan.

Dalam training virtual ini peserta diharapkan mendapatkan pemahaman dari segi teori hingga praktik serta keterampilan dalam menangani sengketa konsumen sesuai dengan pengalaman narasumber dalam menangani sengketa Konsumen.


Jadwal:

Jumat, 28 Mei 2021

Pukul 15.00 – 17.00


Narasumber:

Akhmad Zaenuddin, S.H., M.H.


Materi

Pengantar

  • Asas dan tujuan perlindungan konsumen;
  • Hak dan kewajiban konsumen;
  • Hak dan kewajiban pelaku usaha;
  • Perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha.

 

Klausula Baku

  • Pengertian Klausula Baku;
  • Prinsip – prinsip penting klausula baku;
  • Hal – hal yang dilarang dalam klausula baku;
  • Studi kasus tentang klausula baku.

 

Menangani Sengketa Konsumen

  • Prinsip – prinsip sengketa konsumen;
  • Strategi Penyelesaian melalui negosiasi;
  • Strategi Penyelesaian melalui BPSK dan sejenisnya;
  • Strategi Penyelesaian melalui pengadilan;
  • Menentukan model gugatan;
  • Menentukan legal standing;
  • Menentukan bentuk – bentuk gugatan.

Biaya & Fasilitas

  • Tiket : IDR 150.000 dengan mendapatkan E Sertifikat + Materi
  • Gunakan kupon belajarkonsumen untuk akses gratis tanpa E Sertifikat dan Materi

Cara Pembayaran

  • Bank Transfer (BNI, BRI, Permata)
  • Kartu Kredit
  • Alfamart
  • Shopeepay
  • Ovo
  • Dana
  • Link Aja

Tentang Narasumber

Akhmad Zaenuddin, S.H., M.H. adalah pendiri dan managing partner dari Akhmad Zaenuddin & Partners Attorneys at Law. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Bung Karno dan menyelesaikan pendidikan Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Ia memulai karir hukumnya di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta dan sempat bekerja sebagai Associate di ADAMS & Co., Counsellors at Law.

Ia banyak menangani perkara pidana, perdata, PKPU, kepailitan, dan juga sengketa persaingan usaha. Selain itu Akhmad Zaenuddin juga aktif dalam membela perkara – perkara konsumen. Ia juga aktif menulis opini di berbagai media massa


Informasi

belajar@learninghub.id | 0812-1234-3240 (whatsapp)

Mau ikut jadi Mediator Tersertifikasi? Segera ikut Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Kelas Online Angkatan IV yang dimulai pada Agustus 2022. Akreditasi dari Mahkamah Agung!

Segera daftarkan diri melalui ICJR Learning Hub!

Leave a Reply

Your email address will not be published.