Uji Coba Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Stasiun Kereta @CommuterLine

Uji Coba Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Stasiun Kereta @CommuterLine

Di Senin, 6 September 2021, para penumpang kereta komuter Jakarta atau Commuterline diminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi selain syarat dokumen perjalanan yang masih berlaku berdasarkan SE Kemenhub No 58 Tahun 2021 yaitu Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), surat tugas, atau surat keterangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Aplikasi pedulilindungi ini mulai diterapkan sebagai uji coba di beberapa stasiun diantaranya adalah Stasiun Depok, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Serpong, Stasiun Jurangmangu, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Palmerah, Stasiun Kemayoran, dan Stasiun Manggarai. Jumlah stasiun kereta commuterline yang akan menggunakan aplikasi pedulilindungi juga akan diperbanyak secara bertahap.

Selain membawa dokumen perjalanan, para penumpang CommuterLine diminta untuk mengunduh aplikasi pedulilindungi lalu melakukan pindai kode QR di stasiun kereta commuterline dengan menggunakan ponsel. Tidak diketahui, apakah syarat ini bersifat wajib atau sekedar himbauan agar para penumpang melakukan pindai kode QR tersebut untuk dapat masuk ke lingkungan stasiun kereta CommuterLine.

Aplikasi PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk melakukan pelacakan kasus positif COVID-19 dan sarana early warning system terkait level pandemi di suatu wilayah tertentu. Selain itu di aplikasi ini juga ada fitur untuk mengetahui jumlah batasan maksimal pengunjung saat memasuki gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Aplikasi PeduliLindungi berfungsi juga sebagai “paspor digital” terkait data Kesehatan pengguna termasuk program vaksinasi yang sudah dijalani pengguna tersebut.

Pemerintah juga telah mulai membolehkan sekolah – sekolah untuk mengadakan pendidikan tatap muka. Karena itu para pelajar selain harus tetap memiliki surat keterangan dari sekolah yang mengadakan jadwal PTM, juga sebaiknya mulai mengunduh aplikasi PeduliLindungi untuk bisa memasuki stasiun kereta CommuterLine

Penumpang Kereta commuterline juga wajib untuk menaati protokol Kesehatan yang berlaku yaitu:

  • Menggunakan masker secara ganda
  • Menjaga jarak aman
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta
  • Tidak berbicara secara langsung, maupun menggunakan telepon seluler selama berada di dalam kereta.

Di Jakarta  pemerintah Jakarta telah menetapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat berkegiatan di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *