Yuk! Kenali Simbol R, TM dan SM Pada Merek!

Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Nah, biasanya dalam merek kita menemukan simbol-simbol kecil, misalnya pada merek coca-cola ada simbol ® di sudut kanan bawahnya atau pada logo starbucks yang memiliki simbol TM di sudut kanan bawah. Tahukah kamu ternyata simbol-simbol tersebut memiliki arti loh!

Penggunaan ®, TM, SM atau simbol-simbol di samping sebuah merek memang bukan merupakan sebuah kewajiban dan biasanya tidak dapat diberikan perlindungan hukum. Namun demikian, simbol- simbol tersebut mungkin merupakan cara yang paling baik untuk menginformasikan kepada pihak lain bahwa tanda yang diberikan tersebut adalah merek dagang atau jasa, yang kemudian memberi peringatan terhadap kemungkinan munculnya pelanggaran merek.

Simbol ® digunakan apabila merek dagang atau merek jasa tersebut sudah didaftarkan. Pemilik merek dapat memberitahukan kepada pihak lain bahwa mereknya telah terdaftar. Di sebagian besar yurisdiksi, penggunaan simbol ® hanya dapat digunakan setelah pendaftaran merek diterima, dan penggunaan ® pada merek yang tidak terdaftar merupakan pelanggaran hukum perdata dan pidana.

simbol TM adalah merupakan singkatan dari kata trademark. TM biasanya digunakan untuk merek dagang yang tidak terdaftar. Tujuan dari simbol TM ini adalah untuk memberikan pemberitahuan kepada orang-orang bahwa hak common law dari merek dagang tersebut sudah diklaim oleh si pemilik merek, namun penggunaan simbol TM ini tidak menjamin pemilik dari merek dagang tersebut dilindungi oleh UU merek. Pemilik merek dapat terus menggunakan simbol TM, walaupun dia telah mengajukan permohonan pendaftaran merek, mereknya telah terdaftar atau bahkan permohonan pendaftaran mereknya ditolak.

Simbol SM adalah merupakan singkatan dari service mark atau merek jasa. Simbol SM ini memiliki fungsi dan tujuan yang sama seperti simbol TM, namun digunakan untuk merek jasa. Adapun merek jasa mencakup layanan seperti pelayanan perbankan, pelayanan hukum, dan lainnya.

Bagaimana seharusnya simbol ®, TM dan SM digunakan?

Tidak ada peraturan khusus mengenai tempat ataupun berapa ukuran simbol ini digunakan. Namun, biasanya simbol-simbol tersebut ditempatkan di sudut kanan atas, sudut kanan bawah, atau sejajar dengan logo dari merek.

Seperti yang sudah kita bahas di atas dapat kita simpulkan bahwa ternyata menggunakan simbol TM atau SM tidak memberikan perlindungan hukum terhadap merek tersebut! Lalu bagaimana cara agar mendapatkan perlindungan hukum untuk merek yang Anda miliki?

Caranya adalah dengan mendaftarkan merek di cekhki.id, kalau Anda masih bingung dan membutuhkan konsultasi terlebih dahulu jangan ragu untuk menghubungi kami!

Memiliki pertanyaan soal hukum? Atau anda sedang terlibat masalah hukum? Konsultasikan persoalan anda, persoalan anda akan direspon oleh lebih dari 70 Mitra Penyedia Layanan Hukum di seluruh Indonesia.

Tersedia forum konsultasi online yang dapat diakses secara gratis

Segera kunjungi ICJR Law Hub

Leave a Reply

Your email address will not be published.